Senin, 14 Mei 2012



Indonesia akan menyelenggarakan pameran robot tingkat internasional dengan tajuk "Indonesia Robotic Exhibition Next Generation 2013" yang akan diselenggarakan di Jakarta pada 12-16 Juni 2013.

"Pada pameran ini akan ditampilkan mengenai perkembangan robot dunia dari berbagai sektor," kata Direktur World Robotic Explorer, Jully Tjindrawan di Jakarta, Jumat, saat jumpa pers mengenai pameran ini.

Pada pameran yang akan di selenggarakan di Central Park Mall itu akan ditampilkan robot dalam bidang industri serta robot untuk membantu kegiatan sehari-hari manusia seperti dalam bidang kesehatan, keamanan, pendidikan sampai rumah tangga.

Dalam acara tersebut juga akan ditampilkan peralatan, perlengkapan suku cadang robot bagi para pelaku industri dan penghobi robot, dan tentunya robot dalam dunia hiburan dan permainan.

Jully mengatakan ajang tersebut akan diisi oleh berbagai kegiatan mulai dari pameran, demo produk, lokakarya, seminar, kompetisi robot pelajar dan umum, pertemuan bisnis nasional hingga acara hiburan yang diharapkan akan menyedot perhatian sekitar 100.000 orang pengunjung.

Pameran akan diikuti oleh perusahaan dan institusi dari lima negara yang dikenal dalam memproduksi robot. Namun ia tidak menyebutkan negara mana saja. Selain itu juga akan diikuti oleh pemda-pemda dan instansi pemerintah.

Jully juga mengharapkan guru-guru, dosen, mahasiswa dan pelajar dapat menghadiri kegiatan tersebut sehingga dapat menambah wawasan mereka. Ia menambahkan Indonesia cukup mampu berbicara dalam masalah robot. Misalnya saja cukup banyak pelajar kita yang memenangi berbagai kontes robot. 

Pada kesempatan itu Jully juga mengatakan bahwa pihaknya sedang berupaya membuat robot komodo yang panjangnya mencapai tiga meter. Robot tersebut dapat bergerak dan berjalan. Nantinya robot itu diharapkan dapat menjadi salah satu icon pameran.

Pada peluncuran pameran itu juga dilakukan kerja sama antara World Robotic Explorer dengan Pemda Sumba Barat Daya, NTT untuk mendirikan sekolah robot pertama di Indonesia Timur.

0 komentar:

Posting Komentar