Selasa, 29 Mei 2012


Kim Dotcom, pendiri Megaupload yang hartanya sempat disita karena kasus pembajakan yang dituduhkan kepadanya, kini mendapatkan kembali hartanya.

Seperti dikutip dari Arstechnica, aset yang disita pada Februari 2012 itu dikembalikan kepada Kim karena penyitaan yang dilakukan pengadilan dinyatakan
Kim menerima kembali uang tunai sebesar 614 ribu dollar AS dan mobil Mercedes-Benz G55AMG senilai 250 ribu dollar AS miliknya yang memiliki plat bertuliskan "POLICE".

Kim juga menerima tunjangan hidup sebesar 16 ribu dollar AS per bulan ditambah obligasi pemerintah sebesar 8.190.000 dollar AS.

Istrinya, Mona, yang baru saja melahirkan juga akan mendapatkan biaya medis, ditambah dengan kembalinya mobil milik Mona, yakni Toyota Vellfire senilai 49 ribu dollar AS.

Sejak awal April, Kim bahkan telah memiliki hak atas rumah besarnya, yang terdapat fasilitas kolam renang serta internet penuh. Kim kini juga dapat mengakses internet di rumahnya itu.

Kim mengatakan kepada radio Selandia Baru bahwa ia menggunakan kebebasan terbatasnya untuk merekam album "dance music" dan menghasilkan uang dari album itu untuk membayar biaya hukumnya.

Namun, di luar berita baik tentang kembalinya harta yang disita, Kim masih tersandung konflik politik di Selandia Baru.

Pada Senin (30/4/2012), surat kabar New Zealand Herald melaporkan bahwa Kim mengklaim telah mendonasikan 41 ribu dollar AS ke John Banks, ketua partai politik Selandia Baru, ACT, dan menteri usaha kecil dan reformasi regulasi.

Dana itu dikirim selama masa kampanye walikota Auckland pada tahun 2010.

Kim mengatakan kepada surat kabar tersebut bahwa John Banks meminta pembayaran dibagi menjadi dua kali pembayaran, agar tidak terlacak. Masing-masing angsuran sebanyak 25 ribu dollar New Zealand.

Namun, dalam sebuah pernyataan di websitenya, John Banks malah mengatakan bahwa penyandang dana mayoritas bukanlah Kim Dotcom, melainkan sumber tanpa nama (anonim).

Perdana Menteri Selandia Baru, John Key, yang berkoalisi dengan Partai ACT mengatakan bahwa ia mempercayai John Banks dan meminta polisi segera menginvestigasi segala hal yang berpotensi menimbulkan kesalahan.



0 komentar:

Posting Komentar