Senin, 14 Mei 2012




Ternyata Monas tidak hanya bisa Anda lihat di Jakarta Pusat, tetapi juga di perairan Kepulauan Seribu, dekat Pulau Pramuka. Monas yang ada di Kepulauan Seribu memang berbeda dengan Monas di Jakarta Pusat. Monas di Kep. Seribu berada di perairan laut dengan kedalaman 5 meter. 

“Monas yang di laut ini tingginya 2,5 meter. Ada di kedalaman 5 meter saja, jadi bisa dilihat oleh siapa saja yang sedang snorkeling atau pun diving,” Monas ini memang baru didirikan di Kepulauan Seribu oleh parah LSM sebagai salah satu rangkaian acara Coral Day, di Pulau Pramuka, Kep. Seribu.

Jika menyelam atau pun snorkeling di sekitar Gosong Pramuka wilayah area perlindungan laut sebelah utara, Anda bisa melihat Monas yang dikelilingi terumbu karang. Monas dan terumbu karang disekelilingnya pun disebut dengan Jakarta Coral Garden

Jakarta Coral Garden memang sengaja dibuat sebagai wujud kepedulian pada kerusakan terumbu karang, terutama Kep. Seribu. Terumbu karang di Kep. Seribu memang semakin memprihatinkan, sampah yang menumpuk menyebabkan kematian pada terumbu.

Untuk meningkatkan kepedulian, terutama penyelam di Kep. Seribu, maka dibangunlah Jakarta Coral Garden. Terumbu karang yang ditanam di sekitar Monas diletakkan dalam rak. Ada kurang lebih 12 rak yang mengelilingi Monas, masing-masing rak berisi 16 bibit terumbu.

Menyelam di Kepulauan Seribu kini semakin menyenangkan dengan adanya Jakarta Coral Garden. Selain melihat Monas di tengah laut, Anda juga bisa melihat rak-rak terumbu yang dibudidaya. Anda pun bisa ikut menyumbang terumbu karang untuk menyelamatkan laut.






0 komentar:

Posting Komentar